Jumat, 23 November 2012

Mutiara Hikmah 1 : "Koreksi Diri"

:) menyalahkan orang lain untuk penderitaan kita? niscaya ia akan menambah kita satu penderitaan lagi :)

:) jujur dengan kesalahan diri sendiri dan ubahlah. inilah dua solusi terefektif bila penderitaan sedang datang :)

:) intinya, koreksi, koreksi, koreksi. selanjutnya, perbaiki, perbaiki dan perbaiki. Insya Allah tidak ada penderitaan yang bakal lama-lama bersemayam di dalam kehidupan kita :)

:) carilah penyebab kesusahan hidup, dari dalam diri kita sendiri. Dan carilah penyebab semua penderitaan yang kita rasakan, dari dalam diri kita sendiri. Penyebab yang paling banyak dan yang paling utama, adalah biasanya justru dari diri kita sendiri :)

:) perbuatan buruk pasti akan menuai keburukan. Sedang perbuatan baik pun akan menuai kebaikan. Hanya kadang kita perlu membuka mata, di bagian kehidupan yang mana ia tumbuh menjadi buah :)

:) koreksi kedekatan kita dengan Sang Maha. Misalnya, cobalah kita mengingat, kapan terakhir kalinya kita mengkhususkan diri berdo'a kepadaNya untuk
masalah dan keinginan yang kita keluhkan....? jangan-jangan kita lebih sering berdo'a sambil lari....? :)

:) sesungguhnya, ketika kita membuat orang lain menangis, kitalah yang akan menangis kelak. sesungguhnya, ketika kita membuat orang merugi, kita sendirilah yang merugi kelak. dan sesungguhnya, ketika kita membaut orang lain susah, kita sendirilah yang akan merasakan kesusahan kelak.... :)

:) tidak ada kesusahan yang muncul, tidak ada kesulitan yang timbul, dan tidak ada permasalahan kehidupan yang terjadi, kecuali diri kitalah yang mengundang permasalahan tersebut datang :)

:) apa pun perbuatan buruk yang kita lakukan, hanya akan mengantarkan kita kepada kenestapaan yang mungkin berkepanjangan. dan apa pun kejahatan yang kita kerjakan, hanya akan mengantarkan kita kepada penyesalan yang mungkin kita ratapi sepanjang sisa hidup :)

:) "janganlah kamu kira bahwa orang-orang yang kafir itu dapat melemahkan (Allah dari mengazab mereka) di bumi ini, sedang tempat tinggal mereka (di akhirat) adalah neraka. dan sungguh amat jeleklah tembat kembali itu"(QS. An Nuur : 57) :)

:) "Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi). Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya" (QS. Az Zumar :57) :)

:) "tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya." (QS. Al Muddatstsir :38) :)

:) "janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak (kelancaran dan kemajuan dalam perdagangan dan perusahaan mereka) di dalam negeri. itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah jahannam. dan jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya" (QS. Ali Imran : 196, 197) :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar