Selasa, 25 September 2012

Mengambil Hikmah dari Aktivitas Sholat (part 1)

setiap hari kita melaksanakan sholat wajib di tambah dengan sholat-sholat sunnah. dari rutinitas kita setiap hari itu pelajaran apa yang bisa kita ambil hikmahnya?

hikmah dari aktivitas sholat adalah :
sebelum melaksanakan sholat :
  1. diawali dengan azan yang mengajak kita untuk meninggalkan segala aktivitas keduniawian menuju pada satu tujuan, satu visi dan misi yaitu mencari ridho Allah. Innamal Amalu bi Niyat (segala amal perbuatan dinilai dari niatnya),niatkan segala aktivitas untuk mencari ridho Allah, sehingga apapun aktivitas kita dalam satu hari bernilai ibadah dihadapan Allah dengan catatan aktivitas tersebut tidak melanggar aturan-aturan yang ada di dalam Al Qur'an.
  2. mengajak kita untuk selalu berjamaah, kekuatan umat Islam adalah kekuatan jamaah. dengan berjamaah segala pekerjaan yang sukar menjadi mudah, saling bahu membahu, saling bantu membantu dalam berjamaah menjadikan segalanya jadi indah dan mudah, banyak ide, banyak program, banyak masukan, banyak tenaga, banyak kekuatan yang dapat disatukan sehingga membuat kokohnya sebuah program untuk menyongsong masa depan. ibarat bangunan seperti bangunan yang kokoh yang dapat menghalau berbagai rintangan dan cobaan, ibarat lidi seperti kumpulan lidi yang menjadi sapu yang dapat menyapu bersih segala aral melintang.
  3. mengajak kita untuk berdisiplin, sholat tepat waktu, sholat dengan shaff yang teratur rapi, satu komando, satu perintah.setiap waktu yang kita miliki memiliki jatah aktivitas sendiri-sendiri, manakala kita menunda-nunda sebuah pekerjaan maka pekerjaan akan semakin banyak dan bertumpuk yang pada akhirnya akan memberatkan kita sendiri. ingat, setiap detik dari waktu yang kita lalui akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah, digunakan dengan niat apa dan untuk apa? termasuk orang yang baik atau orang yang zalim pada "waktu"
  4. mengajak kita untuk bersabar, menunggu datangnya iqomah kita isi dengan doa dan zikir terus menerus tanpa henti, menghilangkan kegalauan, mulai mencoba berkonsentrasi menghadap Illahi. Di dalam Al Qur'an dikatakan bahwa jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, artinya untuk menyelesaikan segala persoalan/permasalahan yang diberikan Allah kepada kita dapat kita hadapi dengan menjalankan apa saja dengan penuh kesabaran sehingga segala permasalahan kita bisa terselesaikan. tentu saja menjalankan apa saja ini termasuk melakukan sholat dalam upaya bertawakal kepada Allah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar