Senin, 24 September 2012

Cara Membuat Menu Kategori di Blogspot


Gak seperti wordpress yang rata-rata template-nya sudah mendukung penempatan kategori di menu sehingga kalau diklik bakal dibawa ke halaman yang hanya berisi kategori tertentu (bahkan bisa parent kategori), pengguna blogspot tidak punya itu. Di blogspot tidak ada kategori, yang ada cuma 'label' atau 'tag' yang bisa juga digunakan untuk mengelompokan postingan-postingan yang satu kategori.

Nah, lalu gimana kalau pengguna blogspot mau bikin satu halaman dinamis yang berisi kategori tertentu dan muncul di menu seperti di wordpress? karena blogspot cuma menyediakan fasilitas untuk menambahkan halaman statis. Sebenarnya caranya sangat sederhana, akan gue jabarkan dalamCara Membuat Menu Kategori di Blogspot.



Misalnya, hari ini gue baru aja nambahin menu baru di bagian atas, kalau kalian yang sering mampir ke blog gue pasti nyadar kan? iya, tuh menu"Childhood Corner" baru gue tambahin. Kalau menu itu diklik, maka akan muncul halaman yang berisi postingan khusus yang berlabel "Childhood Corner", ini artinya, sama aja kayak menu kategori kan? hahahaha..

Langsung aja ini step by step nya :

1. Gue mau bikin halaman khusus Childhood Corner, jadi gue buka salah satu postingan gue yang berlabel "childhood Corner" , lalu liat dibagian label, klik label Childhood Corner, maka kita akan dibawa ke halaman pencarian postingan yang berlabel Childhood Corner.

2. Perhatikan URL nya, lalu copy
3. Buka Dashbor > Laman > Laman Baru > pilih Alamat Web. Isi Judul dengan judul apa yang kita inginkan tampil di menu, dan Alamat web (URL) isi dengan URL yang tadi kita copy (biasanya berformathttp://www.blablabla.blogspot.com/search/label/nama%20label (%20 = spasi) jadi kalau mau gak usah lakuin step 1 dan 2, langsung aja isi URL nya dengan format tersebut.

4. Klik Simpan, dan Ta-daaa! sebuah Menu Kategori ala blogspot telah jadi


Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar